Minggu, 03 April 2011

Virtual Machine membawa derita

Malam ini ngoprek Virtual Machine, tuntutan skripsi. Dan menghabiskan 4 jam hanya untuk melakukan configure agar dua VM yang saya jalankan dapat berkomunikasi. Permasalahan pertama, saya tidak dapat meng-assign > 128 MB kepada kedua host Windows XP saya dalam waktu bersamaan. Jika saya menjalankan satu VM masih bisa berjalan, tetapi jika saya menjalankan dua VM dan ada satu atau lebih VM yang di assign > 128 MB RAM, salah satu VM akan ter-pause secara otomatis dan muncul pesan di bawah ini.

image

Dapat saya pastikan bahwa memory yang tersisa masih banyak, yaitu sekitar 2GB lebih. Komputer saya memiliki RAM 5GB, dan saat virtualization tidak menjalankan program yang berat. Berikut spesifikasi saya:

Host:
Windows 7 Professional x64
5GB RAM

Guest:
Windows XP Professional x86
256MB RAM

Windows XP Professional x86
256MB RAM

Saat ini saya hanya dapat memberikan RAM sebesar 128MB kepada masing-masing VM, karena diatas tersebut VM akan memberikan peringatan seperti di atas. Ada yang mempunyai solusinya?

Kedua saya mencoba agar dua VM tersebut dapat berkomunikasi atau terhubung, dengan cara melakukan ping terhadap machine tersebut. Setelah berkutat lama, dan membaca manual berkali-kali tapi belum bisa juga. Akhirnya saya iseng, untuk mematikan firewall bawaan windows XP. Dan akhirnya dua VM saling terhubung.

image

Jadi jika Anda mempunyai masalah yang sama dengan saya, pastikan mematikan firewall bawaan Windows XP ini.

1 komentar:

opportunity mengatakan...

boleh minta soft copy skripsi virtual mesinnya, saya juga sedang buat skripsi virtual mesin ..... tolong banget. waktunya tinggal 3 bulan...

Posting Komentar