Minggu, 30 Agustus 2009

Tugas Meringkas

Dari semalam saya berusaha mengerjakan tugas dari seorang dosen metode kuantitatif. Tapi sampai sekarang baru selesai 10% nya. Sebenarnya sih tugas nya tidak terlalu sulit, setiap mahasiswa disuruh mencari sebuah jurnal dalam bahasa Inggris dengan tema yang berbeda setiap beberapa mahasiswa dan setiap beberapa mahasiswa tersebut tidak boleh mengambil jurnal dengan judul yang sama. Nah, setelah mendapat jurnal kita disuruh meringkas nya dalam 1 halaman.

Nah, kalau bagian mengtranslasikan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia sih kecil… Tapi bagian meringkas jurnal panjang ke dalam 1 halaman, itu dia tantangannya. Karena bagi saya semua hal di jurnal ini penting untuk disebutkan.

Memang, saya orangnya agak susah dalam hal meringkas atau merangkumkan suatu tulisan. Waktu saya SD, saya dibelikan sebuah stabilo oleh Ibu saya. Hehe, saya kira dengan adanya stabilo saya dapat dengan mudah belajar untuk ujian terutama pelajaran yang menghapal, seperti IPS dan PPKN. Eh, pada akhirnya yang saya stabilo semua tulisan yang ada di halaman tersebut. Alhasil, kertas buku saya tersebut berubah dari warna putih ke warna kuning. Ya, saya berhasil mengecat halaman buku saya. Apa boleh buat? Bagaimana saya tau yang mana yang penting, yang mana yang tidak? Siapa tahu Bu Guru mengeluarkan ujian mengenai paragraf atau kalimat yang tidak saya stabilo?. Saya tidak bisa mengambil resiko itu.

Hal yang sama terjadi saat ini, kuliah semester 5. Menurut saya setiap kalimat di Jurnal ini saling menyokong kalimat lainnya. Sehingga tidak mungkin saya singkat-singkat atau rangkum dengan mengabaikan hal-hal yang tidak terlalu penting. Pada akhirnya saya menyerah, dan memanfaatkan Abstract (Latar Belakang Masalah) sebagai rangka ringkasan saya dan mengembangkannya hingga ke bagian kesimpulan.

1 komentar:

qv1ncb1ih8 mengatakan...

But Burgum did endorse the tribes’ attraction to lower the authorized playing age from 21 to 19 at American Indian casinos and to allow use of credit or debit cards to wager. The tribes asked Burgum to 카지노사이트 approve the playing enlargement beneath tribal-state agreements. The tribes needed gamblers utilizing mobile units to position bets that would be funneled via laptop servers on tribal land.

Posting Komentar