Jumat, 11 Februari 2011

Selamat Ulang Tahun Edison!

image

Anda yang membuka homepage Google hari ini akan disambut dengan Google Doodle seperti gambar di samping, yang menandakan ulang tahun Thomas Edison yang ke 164.

Yang menarik mengenai logo ini adalah cahaya bohlam yang terang dan redup, terfokus kepada kontribusi terbesar Edison yaitu temuan lampu listrik. Tahukan Anda? Sebenarnya seorang rakyat Inggris yang bernama Edward Swan adalah penemu bola lampu sebenarnya; tetapi Edison yang mempatenkannya dan mempopulerkannya di Amerika Serikat. (Edison dan Swan akhirnya menggabungkan perusahaannya, dan Swan mengatakan kontribusi Edison lebih besar daripada dirinya).

Sebelum kematiannya pada 1931, pria yang mempunyai sebutan Wizard of Menlo Park (Penyihir dari Menlo Park) ini mempunyai lebih dari 1000 paten, termasuk mesin cetak listrik, teknologi telepon, kamera gambar bergerak, pemungut suara mekanis, stock ticker dan phonograph.

Selamat ulang tahun Edison! Terima kasih telah menyumbangkan bola lampu sehingga umat manusia tidak kegelapan di malam hari. Dan untuk Google tolong siapkan Doodle untuk Einstein, Stephen Hawking dan Nicola Tesla pada ulang tahunnya nanti. Mereka adalah beberapa tokoh favorit saya.

0 komentar:

Posting Komentar