Senin, 29 Desember 2014

Pengalaman Belanja di Banggood

Selamat Pagi/Siang/Malam, tergantung kapan anda membaca tulisan ini :). Pada kesempatan kali ini saya ingin membagi pengalaman saya mengenai belanja di Banggood.

Banggood merupakan situs e-commerce yang berasal dari negeri tirai bambu, tetapi gudangnya tersebar di Amerika, Hongkong dan Singapura. Barang-barang yang dijual disini sangatlah beragam, mulai dari mainan, elektronik hingga pakaian. Sebenarnya masih banyak lagi barang lainnya, coba bayangkan Amazon versi cina, tetapi barang yang ditawarkan tidak branded dan harganya murah-murah.

Yang saya suka dari Banggood selain harganya murah adalah sebagian besar barangnya bisa memilih opsi bebas biaya kirim ke Indonesia. Kelemahan memilih fasilitas pengiriman gratis dari Banggood selain tidak dapat tracking number adalah waktu yang diperlukan untuk mengirim suatu barang bisa mencapai 2 bulan, dan ini semua tergantung dengan banyak variabel, seperti apakah barang perlu di-dispatch dari gudang, kesibukan bea cukai baik di negara asal maupun Indonesia dan sebagainya. Banggood sebenarnya menyediakan opsi pengiriman dengan metode lain yang lebih cepat (EMS), tetapi tentunya dengan biaya yang lebih mahal.

Pada tanggal 29 November lalu saya iseng mencoba order earbud dari Banggood. Earbud bermerk Baldoor E100 ini memang tidak dijual di tanah air dan dari review forum head-fi sangat menarik perhatian saya sebagai pecinta musik yang kere hore.

Order saya tersebut ternyata perlu dipesan dari gudang terlebih dahulu. Jadi kalau di halaman produk ada kalimat “usually dispatched in 1-3 business days” itu artinya bukan barang akan sampai di tangan anda dalam waktu 1-3 hari kerja. Tetapi barang akan diantarkan ke kurir dalam 1-3 hari kerja. Biasanya waktu ini diperlukan untuk memesan dari gudang supplier dahulu.

Tapi nyatanya barang saya butuh lebih dari 3 hari kerja untuk diantar ke kurir. Karena dari status order, barang baru dikirimkan pada tanggal 8 Desember. Sehingga butuh 5 hari kerja untuk memproses barang saya dan mengirimkannya ke kurir.

Oh iya, pada kesempatan kali ini saya tidak memilih pengiriman gratis tetapi saya memilih Air Parcel Register. Saya dikenakan biaya $1.30 untuk pengiriman jenis ini. Perbedaan dari pengiriman gratis hanyalah mendapatkan Tracking number saja, sehingga saya bisa melihat tahap-tahap yang diperlukan untuk suatu barang sampai ke saya. Dari sini juga saya tahu bahwa pengiriman berasal dari gudang Banggood di Singapore, jauh lebih dekat daripada harus mengirimkan barang dari Cina.

Fast forward, barang sampai di kantor saya di Jakarta pada tanggal 18 Desember. Jadi pengiriman membutuhkan waktu 10 hari dari Singapura ke Jakarta, melalui metode pengiriman Air Parcel Register, saya kira hasilnya akan sama untuk metode pengiriman free shipping.

Tracking order Banggood
Hasil tracking menggunakan 17track

Packaging Banggood Packaging yang diberikan oleh Banggood tergolong sederhana

Biaya tambahan Pos IndonesiaAda biaya sebesar 3000 rupiah dari Pos Indonesia

Perlindungan paketProduk hanya dilindungi busa tipis

Earbud Baldoor E100Kotak penyok, tetapi earbud bekerja dengan baik

8 komentar:

shamongker mengatakan...

Mau tanya bang, untuk pembayaran bisa melalui apa bang? maksimal jumlah belanja berapa?

Unknown mengatakan...

Keren gan, sangat menggoda kayaknya performanya... di gearbest kayaknya agak lebih murah dikit harganya... antara e100 atau e300, mungkin kapan2 nyoba kalo ada sale... :D

Unknown mengatakan...

Melalui bank indonesia

Unknown mengatakan...

yg mo sy th, klo dah masuk indo , yg melanjutkan sp ya? jne kah, j&t kah, tiki kah dsb,,,
klo sdah smp kota kita, klo mo diambil sndri kmn?

Unknown mengatakan...

Paket saya udah 2 bulan lebih ngga sampai2... Tolong cek RS912946189CH

NKPro mengatakan...

Kalo sekarang via alfamart bisa

Todakfrog mengatakan...

Klo udah di Indonesia, tergantung sih. Bisa jne atau ninja apalah gitu. Yg penting nyampe, pengalaman sy.

andhycoys mengatakan...

Mau tanya bang..saya membeli produk luar negri seharga Rp.1.355.000 dan kira-kira berapa biaya bea cukainya masuk ke indonesia ?

Posting Komentar